Minggu, 20 Januari 2013

Cara terbaru custom domain blogger

Custom domain Blogspot / Blogger Terbaru. Apa itu custom domain? Custom domain adalah mengganti domain Anda di Blogspot menjadi domain sendiri. Sebagai contoh domain saya tipscara.blogspot.com di alihkan menjadi www.tipsblog.com, itulah yang di sebut Custom Domain.

Untuk sekarang, custom domain berbeda dengan custom domain lama. Sebetulya hanya sedikit perbedaannya, yaitu harus menambahkan Verifikasi Domain. Verifikasi domain ini dilakukan untuk menyatakan kepemilikan domain kita.

Untuk Custom domain Blogspot terbaru sebetulnya sudah saya jelaskan di Blog Saya, akan tetapi pada akhir bulan Oktober 2012 saya mencoba, ada sedikit perbedaan langkah saja.

Hal-hal yang harus di perhatikan sebelum setting custom domain:


01 DOMAIN
Pastikan Anda sudah membeli domain, artinya ketika akan melakukan custom domain, Anda harus sudah memiliki domain .com, .net, .info, .web.id atau lainnya.

02 DNS MANEGEMENT
Ketika membeli / sewa domain, cari penyedia domain yang menyediakan DNS Management. DNS Management berguna untuk menambahkan CName, A Reccord, atau MX Reccords, yang akan kita jelaskan di bawah. Beberapa penyedia domain, ada yang memberikan fitur ini secara gratis, dan ada pula yang harus membayar. Kalau bisa gratis, kenapa haru bayar :) ... betul ga?

Cara Custom Domain Blogspot Terbaru

Dashboard Blogger

1. Login ke Blogger dengan mengunjungi http://blogger.com
2. Pada blog yang akan di Custom domain klik panah kecil, kemudian klik Setelan

setelan

3. Pada Penerbitan, klik Tambahkan domain khusus.

custom domain blogspot

4. Klik Alihkan ke setelan lanjutan

custom domain blogspot

5. Tulis nama domain dengan www kemudian klik Simpan, nantinya ada peringatan seperti di bawah

custom domain blogspot

6. Copy teks di atas ke Notepad, gunakan enter untuk memudahkan copy ulang.

custom domain blogspot


Control Panel Domain

Setelah selesai dengan langkah di atas, sekarang kita masuk ke Kontrol Panel Domain, di tempat Anda order domain. Pada Kontrol Panel domain ini, anda harus masuk ke DNS Management.

Pada DNS Management, Anda harus memasukan CNAME dan Address Reccord (A Reccord).

1. Tambahkan CNAME
CNAME yang harus ditambahkan yaitu yang tadi sudah di copy ke Notepad. Untuk tampilan DNS Management tiap penyedia domain akan berbeda, sebagai contoh gambar di bawah :

cname

Keterangan :
  • Hostname isi www, Value isi ghs.google.com
  • Hostname isi (yang sudah dicopy), Value isi (yang sudah di copy, yang diakhiri .domainverify.googlehosted.com.) gunakan titik di akhir

2. Tambahkan A Reccord
A Reccord berguna apabila pengunjung menulis domain tanpa www. Hostname di kosongkan, buat 4 record yang diarahkan ke IP :
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

Contoh seperti gambar di bawah :

cname

Setelah selesai, tunggu beberapa jam, maksimal 1x24 jam.

Kembali ke Blogger

Setelah menunggu, silahkan kembali ke Blogger. Untuk langkah-langkahnya persis seperti di atas (di bawah judul Dashboard Blogger), sampai point 5.

1. Isikan domain dengan www, kemudian Simpan
2. Centang Alihkan nama domain....... kemudian klik lagi Simpan

cname

Selamat! sekarang domain Anda sudah berganti menjadi Top Level Domain (TLD). Semoga cara custom domain Blogspot terbaru ini bermanfaat buat anda....

sumber : http://www.bloggertut.com/2012/11/custom-domain-blogspot-blogger-terbaru.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar